INFO

1.300 Murid SD Ikuti Sikat Gigi Massal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang dilaksanakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palangka Raya bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Tengah berjalan sukses dan meriah, Rabu (18/10/2017).

Meriah, karena acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional ini tidak hanya dihadiri para pejabat seperti Wakil Gubernur Kalteng, Danrem 102 Panju Panjung, dan Kapolda Kalteng, tapi juga diikuti oleh 1.300 murid dari empat sekolah dasar (SD).

Yakni SD Khatolik Don Bosco, SDN 1 Palangka, SDN 6 Palangka, dan SDN 8 Palangka. Kehadiran ke-1.300 murid SD di halaman Polda Kalteng ini untuk mengikuti simulasi atau praktek cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Simulasi menggosok gigi ini dipandu oleh para dokter gigi dan para mahasiswa kedokteran dari Universitas Palangka Raya. Dalam praktek menyikat gigi ini, para murid terlebih dahulu telah disiapkan pasta gigi, sikat gigi, air gelas mineral, dan ember.

Namun sebelum simulasi dimulai, terlebih dulu para murid diberikan pengetahuan arti pentingnya menjaga kesehatan gigi. Aturannya, setiap hari diwajibkan menyikat gigi. Pertama, pagi sikat gigi sesudah makan dan kedua saat malam sebelum tidur.

Agar lebih semangat dan meriah, para dokter pun mengajak para murid menyanyi dengan lirik ‘jangan lupa sikat-sikat gigi, sikatlah gigi dua kali sehari. Pagi sesudah makan, malam sebelum tidur, supaya bersih, gigi ku jadi sehat’.

Acara sikat gigi massal ini tambah meriah karena selama diadakannya acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional ini juga didatangkan para badut, sehingga para murid pun terhibur. Tidak jarang hadirnya badut ini juga dimanfaatkan oleh para murid untuk berfoto.

Diakhir acara juga ditampilkan peragaan baris berbaris oleh para polisi kecil (Pocil). Dengan sigap dan kompak, gerakan baris berbaris ini pun diperagakan di hadapan para tamu undangan dan pejabat teras Polda Kalteng. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*