INFO

1.566 Peserta KB Tidak Ingin Punya Anak Lagi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tujuan program keluarga berencana (KB) yang diinisiasi pemerintah bukan melarang orang untuk tidak punya anak, tetapi hanya membatasi jumlah kelahiran.

Dengan ber-KB, maka seseorang bisa menentukan kapan mereka akan memiliki anak. Dengan ber-KB pula maka seseorang bisa menentukan untuk stop memiliki anak, karena dianggap sudah cukup.

Di Kota Palangka Raya selama 2018 tercatat ada 1.566 orang yang memutuskan untuk tidak menambah anak lagi dari total 42.569 peserta KB aktif.

“Namun dari peserta KB aktif ini ada pula yang berhenti mengikuti program KB dengan berbagai alasan,” kata Kabid Pengendalian Penduduk pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kota Palangka Raya, Eddy Sunarto, Selasa (29/1/2019).

Eddy menjelaskan alasan seseorang berhenti ber-KB di antaranya ingin punya anak lagi. Di 2018 saja ada 470 ibu hamil setelah berhenti mengikuti program KB.

“Sementara itu yang ingin mempunyai anak segera ada 2.152 orang dan yang ingin menunda kehamilan 2.155 orang, serta 1.566 orang tidak ingin mempunyai anak lagi,” ucapnya. (MC. Isen Mulang)

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*