INFO
10 Pedagang Jalani Sidang Tipiring di Pengadilan

10 Pedagang Jalani Sidang Tipiring di Pengadilan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selain menggelar razia KTP, Anggota Satpol PP Kota Palangka Raya juga menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di bahu jalan.

Ada 10 PKL yang diamankan Satpol PP saat razia yang dilaksanakan 5 -7 Juli 2019. Penertiban PKL ini dalam rangka menegakkan Perda No 13 Tahun 2009 tentang PKL.

“Jadi ke-10 pedagang tersebut sudah menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di pengadilan negeri,” kata Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Benhur Pangaribuan, Senin (8/7/2019).

Sanksi denda dari 10 PKL pelanggar Perda ini berbeda-beda. Rinciannya 7 pedagang didenda uang Rp250.000, satu orang pedagang didenda Rp 50.000, dan dua pedagang didenda Rp50.000.

Benhur mengatakan dalam perkara ini hakim memutus perkara dengan verstek. Maksudnya kewenangan hakim memeriksa dan memutus suatu perkara meski tergugat tidak hadir dalam persidangan.

Dia berharap dengan razia PKL yang berakhir disidang Tipiring ini bisa membuat jera dan pelajaran bagi pedagang lain agar tidak berjualan ditempat yang dilarang. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*