INFO
100 Sapi Kurban Dipusatkan di RPH Kalampangan

100 Sapi Kurban Dipusatkan di RPH Kalampangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bakal membagikan 100 ekor sapi untuk kurban di Hari Idul Adha 1440 Hijriah pada 11 Agustus 2019.

Pada tahun ini pengadaan sapi kurban oleh Pemko Palangka Raya mengalami penurunan jumlahnya dibandingkan dengan tahun 2018 yang lalu, yakni mencapai 150 ekor. Sedangkan di tahun ini hanya 100 ekor.

“Mengingat dana yang tersedia sangat minim, maka pengadaan sapi lebih sedikit dari tahun sebelumnya,” ungkap Kabag Kesra Setda Kota Palangka Raya, Sahrudin, Rabu (31/7/2019).

Dikatakan, sapi-sapi yang akan dibagikan tersebut, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya rata-rata didatangkan dari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Sapi-sapi ini nantinya akan dikumpulkan menjadi satu yang dipusatkan di RPH (Rumah Potong Hewan), Kelurahan Kalampangan dan di sana juga nanti dilakukan penyerahan kepada penerima secara simbolis,” katanya.

Rencananya lanjut Sahrudin, ke 100 ekor sapi ini akan dibagikan kepada penerima yang telah terdaftar dalam surat keputusan walikota, dan pembagian secara simbolis rencananya akan dilakukan secara langsung oleh walikota.

Dalam bagian lain, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) sudah memulai memeriksa kesehatan dan kelayakan sapi dan kambing yang merupakan hewan kurban pada Idul Adha 2019.

“DKPP sudah mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan hingga H-2 Idul Adha,” ucap Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DKPP Kota Palangka Raya Sumardi.

Pemeriksaan hewan kurban lanjut dia, dilakukan oleh 12 orang yang dibagi menjadi dua tim pemeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

“Kegiatan pemeriksaan dilakukan langsung pada usaha penjual hewan kurban di Kota Palangka Raya,” sebutnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*