INFO
100 UMKM di Kalteng Dapat Kucuran Dana Rp15,2 Miliar

100 UMKM di Kalteng Dapat Kucuran Dana Rp15,2 Miliar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Temu akbar 1.000 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) membawa berkah bagi pelaku usaha di Kalimantan Tengah yang hadir di Kalawa Convention Hall, Jalan Tjilik Riwut Km 6,5, Kota Palangka Raya, Sabtu (17/11/2018).

Dalam pertemuan tahunan ini ada 100 UMKM yang mendapatkan bantuan permodalan dari berbagai perbankan. Totalnya mencapai 15,2 miliar untuk 100 UMKM tersebut.

“Secara simbolis bantuan permodalan ini akan diserahkan oleh masing-masing kepala perbankan,” ucap Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah, Wuryanto saat membuka temu akbar 1.000 UMKM.

Wuryanto mengharapkan dengan adanya bantuan modal ini bisa meningkatkan daya saing UMKM agar lebih maju lagi dan nantinya bisa mandiri secara finansial.

Diakui selama ini sebagian UMKM di Kalteng sulit berkembang, karena rendahnya kualitas produk, keterbatasan akses pemasaran, dan kurangnya akses permodalan.

Maka dari itu melalui pertemuan akbar 1.000 UMKM inilah para perbankan diharapkan bisa memberikan solusi yang mereka alami yakni dengan memberikan pinjaman lunak. 

Selain bantuan permodalan, dalam pertemuan ini juga diserahkan sertifikat hak cipta, merek, dan halal kepada UMKM. Kemudian penyerahan sertifikat UMKM, penyerahan simbolis bantuan kepada wirausaha pemula, penyematan tanda peserta pelatihan dan bimbingan teknis vocation untuk membatik, pelatihan akuntansi koperasi, sosialisasi KUR, dan Bimtek kewirausahaan bagi wirausaha baru. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*