TERKINI

102 Warga Kereng Bangkirai Dapat Program Bedah Rumah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat kurang mampu di Kota Palangka Raya, khususnya Kelurahan Kereng Bangkirai cukup besar.

Tahun ini saja khusus dibidang perumahan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merehab 102 rumah warga Kelurahan Kereng Bangkirai.

Program bedah rumah dari Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan ini disalurkan melalui Satuan Kerja SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) ini setiap warga dapat dana Rp15 juta. Uang sebanyak ini digunakan untuk membeli material bangunan yang diperlukan.

Misal saja untuk membeli papan, balok, seng, paku, semen, batako, dan lainnya. Sedangkan pengerjaan rehab rumah dilakukan secara swadaya atau gotong royong.

Lurah Kereng Bangkirai, Arbanu menjelaskan pengerjaan rehab rumah tersebut dilakukan secara kelompok. Dimana setiap rukun tetangga (RT) membentuk kelompok.

Setelah bantuan telah diterima, maka kelompok yang sudah dibentuk tersebut langsung mengerjakan rehab rumah dengan material yang sudah disediakan.

Selaku penguasa wilayah, Arbanu sangat senang dengan adanya bantuan sosial yang diterima warganya ini. Apalagi bantuan ini direalisasi setelah tiga tahun diusulkan.

Dia mengharapkan bantuan serupa ada di 2018, karena saat ini masih ada sekitar 100-an lagi yang warganya masih menempati rumah dalam kondisi masih memprihatinkan dan perlu direhab. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*