INFO
120 Anak Muda Ikuti Workshop Perfilman di Pusdiklat Kemendikbud

120 Anak Muda Ikuti Workshop Perfilman di Pusdiklat Kemendikbud

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anak muda dari berbagai kota kumpul di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, Jalan Raya Ciputat-Parung, Depok, 7-12 Oktober 2019.

Mereka adalah pelajar, mahasiswa, dan pegiat komunitas yang biasa menggeluti pembuatan video film pendek dari berbagai daerah. Di tempat ini mereka mengikuti Workshop Pengembangan Bidang Perfilman Tingkat Dasar yang digelar Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada 120 peserta yang terdiri atas 30 peserta bidang tata kamera, 30 peserta bidang tata suara, 30 peserta bidang tata artistik, dan 30 peserta bidang artistik.

Semua peserta yang diundang mengikuti kegiatan ini telah mengikuti seleksi dan salah satunya dengan mengirimkan tayangan video yang pernah dibuat. Penentuan bidang yang diikutinya merupakan pilihan peserta workshop.

Panitia menjelaskan workshop ini untuk menyiapkan bibit muda penata kamera profesional. Untuk itu pelatihan yang dilakukan mengacu Standar Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang tata kamera.

Diharapkan melalui pelatihan ini peserta akan menunjukkan kompetensi teknis yang standar dan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai sertifikat kompetensi.

Thoyyib Ash-Shiddiqie, siswa MAN Kota Palangka Raya peserta workshop tata kamera mengaku gembira bisa mengikuti pelatihan ini meski sangat melelahkan.

Menurutnya banyak hal yang bisa diperoleh tentang tata kamera meski selama ini sudah menggunakan kamera seluler dan DSLR untuk pembuatan video sekaligus melakukan pengeditan di komputer. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*