INFO

13 IKM Dapat Bantuan Kemasan dan Peralatan dari Disperindag Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 13 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) mendapatkan bantuan kemasan produk dan peralatan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Senin (30/10/2017).

Dari 13 IKM ini 10 diantaranya mendapatkan bantuan kemasan. Di antaranya IKM Baroqah, IKM Rina Saderi Jewel dan Craft, IKM Batukei Sari Alam Borneo, IKM Lauk Basumu Majua, IKM Kirana Production, IKM MEF’ Snack dan Foaads, IKM Aneka Kripik/Peyek Bu Mistun, IKM Sumber Rejeki, IKM Must Yoan Farm, dan IKM Pahari.

Sedangkan tiga IKM lainnya mendapatkan bantuan mesin dan peralatan yakni IKM Benuas Jaya, IKM Rintik Rantak, dan IKM Biau Murni Setyawan. Secara simbolis bantuan kemasan produk ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Disperindag Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban.

Aratuni mengatakan sumber dana bantuan kemasan produk dan peralatan untuk 13 IKM ini berasal dari APBD 2017. Sementara itu pada bulan sebelumnya ada belasan IKM yang juga dapat bantuan kemasan, namun dananya berasal dari kementerian atau APBN.

Diharapkan dengan diberikannya bantuan ini tampilan produk IKM lebih menarik dari sisi kemasan produk, sehingga memiliki nilai tambah. Bila produk IKM menarik, maka secara otomatis akan merangsang calon konsumen untuk membeli.

Dampak positifnya usaha IKM akan maju dan usahanya akan mapan. Maka dari itu Aratuni mengharapkan dengan diberikannya contoh kemasan produk yang baik ini bisa ditiru para IKM untuk dicetak lebih banyak lagi.

“Bantuan ini hanya stimulus saja. Kita memang sengaja tidak memberikan bantuan berupa uang, tapi dalam bentuk kemasan barang supaya bisa merangsang para IKM untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menjual produknya,” sebutnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*