INFO

15.000 Benih Ikan Akan Ditabur di Wilayah Perairan dan Danau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Perikanan Kota Palangka Raya akan menabur 15.000 benih ikan di sejumlah wilayah perairan atau danau yang populasi ikannya mulai berkurang.

Penaburan benih ikan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh dinas perikanan dan biasanya waktu penaburan benih ikan dilakukan antara September atau memasuki musim penghujan.

Hanya saja untuk tahun ini lokasi penaburan benih ikan belum ditentukan, karena menurut Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Jubaedah masih dilakukan verifikasi oleh tim.

“Untuk lokasinya masih kami verifikasi dulu sambil melakukan patroli bersama kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) kelurahan,” tulis Jubaedah melalui messegernya kepada Media Center Palangkaraya Sabtu (13/5/2017).

Jubaedah juga belum menyebut jenis ikan apa yang akan ditabur di wilayah perairan atau danau nanti. Tapi yang jelas bibit ikan akan disebar di daerah yang pupulasinya sudah berkurang dan lokasinya aman dari illegal fishing.

Ia berharap dengan program sebar bibit ikan ini mampu menambah ketersediaan populasi ikan hidup dan berkembang biak, sehingga mampu mencukupi kebutuhan pangan gizi hewani.

Selain itu diharapkan bisa meningkatkan hasil tangkapan para nelayan secara berkelanjutan. Harapannya penghasilan nelayan meningkat dan kebutuhan ikan di Kota Palangka Raya selalu tercukupi oleh nelayan lokal. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*