INFO

153 Orang Anggota Satpol PP Palangka Raya Dites Urine

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Secara mendadak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palangka Raya melakukan tes urine kepada sebagian aparatur sipil negara (ASN) dan honorer Satpol PP Kota Palangka Raya, Senin (2/10/2017).

Tes urine yang dilakukan mulai sekitar pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB di kantor Satpol PP Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 ini diikuti 153 ASN dan honorer. Namun dari 153 pegawai yang dites urine ini 7 orang di antaranya positif mengonsumsi obat.

Tapi 6 orang diantaranya menggunakan obat dari resep dokter, sedangkan satu orang lainnya positif mengonsumsi obat yang mengandung zat amfetamin alias zat berbahaya.

Kepala BNN Kota Palangka Raya, Soeja’i mengatakan satu orang anggota Satpol PP Kota Palangka Raya yang terdeteksi positif tersebut berinisial Ags.

Soeja’i menuturkan setelah diketahui positif, saat itu juga Ags langsung diwawancara di ruang Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Baru I Sangkai, namun yang bersangkutan mengaku tidak mengonsumsi obat terlarang.

Selanjutnya Ags dibawa ke kantor BNN Kota Palangka Raya di Jalan Tangkasiang untuk diintrograsi lebih lanjut. Soeja’i memastikan hasil intrograsi akan disampaikan tidak kurang 1 x 24 jam kepada Kepala Satpol PP Palangka Raya, Baru I Sangkai.

Sementara itu 153 peserta tes urine salah satunya adalah Baru I Sangkai, namun hasilnya negatif. Sebagai kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), Baru I Sangkai sangat mengapresiasi komitmen BNN untuk terus memerangi peredaran narkoba.

Baru mengatakan total pegawai Satpol PP Kota Palangka Raya ada sekitar 211 orang. Rinciannya 78 ASN dan 133 honorer, namun yang ikut tes urine hanya 153 orang, sedangkan sisanya menyusul.

Tidak semua anggota Satpol PP ikut tes urine ini karena menurut Baru tes urine yang dilakukan BNN secara mendadak, sehingga tidak bisa memberitahukan. Alasan lainnya karena ada sebagian anggota yang kena piket malam, dan paginya tidak turun ke kantor.

Meski begitu bagi anggota yang belum mengikuti tes urine akan diantar langsung ke kantor BNN untuk dites. Sementara itu bagi honorer berinisial Ags jika memang positif mengkonsumsi narkoba, maka Kepala Satpol PP Palangka Raya akan memecatnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*