INFO

2018 Palangka Raya Bebas Malaria

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak lama lagi kasus penyakit malaria di Kota Palangka Raya bisa dilenyapkan sampai nol persen. Bahkan pada 2018 Kementerian Kesehatan telah menargetkan untuk Kota Palangka Raya sudah bebas malaria.

Target bebas malaria itu disampaikan Kasubdit Malaria dari Kementerian Kesehatan dr.Elvieda Sariwati, M.Epid saat melakukan sosialisasi dengan jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya, Selasa (11/4/2017).

Saat ini Palangka Raya termasuk salah satu dari 41 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia yang masuk kategori endemis tinggi malaria atau sekitar 80 juta penduduk Indonesia tinggal di daerah endemis malaria.

Kementerian Kesehatan mencatat paling banyak penderita malaria adalah ibu hamil dan anak-anak. Saat ini hanya DKI Jakarta yang sudah bebas malaria.

“Jika kasus malaria tidak segera diberantas, maka akan merugikan bagi daerah, sebaliknya jika bisa bebas malaria maka bisa meningkatkan kunjungan wisatawan,” tutur Elvieda.

Pada 2018, Kementerian Kesehatan menargetkan 285 kabupaten/kota, termasuk Palangka Raya harus bebas malaria. Selanjutnya pada 2019 ditargetkan 300 kabupaten/kota bebas malaria.

Kemudian pada 2025 semua kabupaten/kota sudah bebas malaria dan pada 2027 semua provinsi di seluruh Indonesia bebas malaria. Targetnya pada 2030 eliminasi malaria nasional.

dr.Elvieda menjelaskan adapun program yang akan dilakukan untuk mewujudkan terget bebas malaria di antaranya pengendalian malaria dilaksanakan secara azas desentralisasi.

Bisa juga melalui forum kemitraan lintas sektor dan memperkuat upaya kesehatan berbasis masyarakat. Selain itu pencegahan penularan malaria melalui manajemen vektor terpadu. (MC. Isen Mulang/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*