INFO

24 Hotel dan Restoran akan Terima Dana Hibah Pariwisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (disparbudpora) Kota Palangka Raya sudah mendata ada 24 hotel dan restoran yang akan mendapatkan dana hibah dari pemerintah.

Dana stimulan akibat terdampak Covid-19 ini akan diberikan di Desember 2020 ini melalui dua tahap. Tahap pertama sebesar 30 persen dan tahap kedua sebanyak 70 persen.

Hari ini Jumat (4/12/2020) Asisten 2 Setda Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldy bersama perangkat daerah (PD) teknis mengadakan rapat membahas identifikasi dan verifikasi calon penerima dana hibah pariwisata.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Peteng Karuhei II ini juga dihadiri auditor dari BPKP dan inspektorat. Kepala Disparbudpora Kota Palangka Raya, Ikhwanudin mengatakan pencairan dana hibah ini paling lambat 23 Desember 2020.

Dia memastikan pada pekan depan pencairan tahap pertama sudah bisa dilakukan dan tahap dua paling 23 Desember sudah cair, karena setelah itu ada libur panjang dalam rangka Natal dan tahun baru.

“Hari Senin depan kita akan mengadakan sosialisasi sekaligus Bimtek untuk calon penerima hibah,” tuturnya. Bantuan yang akan diterima oleh hotal dan restoran tidak sama.

Ikhwanudin menjelaskan syarat penerima bantuan ini adalah hotel dan restoran yang tidak menunggak pajak dan usahanya tetap jalan selama pandemi Covid-19.

Sementara itu sesuai edaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bantuan dana hibah tersebut hanya boleh digunakan untuk membiayai enam kegiatan. Di antaranya untuk sewa ruang kerja guna pengembangan usaha dan membeli sewa perangkat lunak.

Kemudian untuk membeli bahan baku atau penolong, pembelian peralatan mesin produksi penunjang usaha, pembayaran jasa pihak ketika yang terkait pengembangan usaha dan untuk meningkatkan peralatan penginapan tapi khusus untuk homestay.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengalokasikan dana Rp3,3 triliun untuk memberikan dana hibah pariwisata bagi pengusaha hotel, restoran. (MC. Isen Mulang/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*