INFO
30 Hektare Lahan Disiapkan Untuk Pengembangan Cabai

30 Hektare Lahan Disiapkan Untuk Pengembangan Cabai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Rika Ernaningsh mengatakan, di tahun ini kembali Palangka Raya akan mendapat bantuan dari pusat untuk pengembangan tanaman cabai.

“Sama halnya dengan bawang merah, maka  Palangka Raya mendapatkan bantuan untuk pengembangan komoditas cabai. Sebab tanam bawang dan cabai (BaBe) merupakan program pemerintah pusat,” ungkapnya, Rabu (6/2/2019).

Dijelaskan Rika, untuk bantuan pengembangan tanam cabai ini maka dialokasikan untuk 30 hektare lahan pengembangan. 

Bagusnya untuk pengembangan komoditas cabai ini di wilayah Palangka Raya telah berjalan cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan produksi para petani cabai yang bisa dikatakan berhasil.

“Untuk produksi dari petani cabai di Palangka Raya ini  cukup berhasil. Makanya Palangka Raya dapat bantuan pengembangan cabai untuk 30 hektare  ditahun ini,” terang Rita.

Dikatakan lebih lanjut, untuk tempat pengembangan tanaman cabai di wilayah Palangka Raya, hampir semuanya merata disetiap kecamatan. Hanya saja untuk  luasan hektarenya  bervariasi tergantung jumlah petani yang ada di daerah itu. 

“Berdasarkan data ditahun 2018 lalu, untuk produksi cabai di Palangka Raya mampu mencapai kurang lebih 34, 4 ton. Nah, ini bisa dikatakan untuk komoditas cabai mampu mencukupi kebutuhan warga Palangka Raya,” jelas Rika.

Harus diakui kata dia, untuk pengembangan dan pemeliharaan cabai ini tidak sulit jika dibandingkan dengan pengembangan bawang merah.

“Pengembangan cabai justru lebih gampang dan tidak memerlukan biaya yang tinggi. Terlebih tanam cabai dimusim penghujan malah lebih bagus. Bahkan kita menanam didepan rumah sendiripun asalkan telaten tentu bisa menghasilkan, tutup Rika. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*