INFO
30 Kelurahan di Palangka Raya Kategori Sangat Perlu Ditingkatkan

30 Kelurahan di Palangka Raya Kategori Sangat Perlu Ditingkatkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana diketahui  ditahun ini pemerintah pusat mengucurkan Rp 3 triliun dana kelurahan yang ada di Indonesia. Termasuk kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya, Akhmad Fordiansyah melalui sekretarisnya, Suwito menjelaskan, untuk pengalokasian dana kelurahan di kabupaten dan kota tersebut, akan mengacu pada tiga  kelompok kategori

“Dana yang dialokasikan pemerintah pusat dibagikan atas tiga kategori, yakni kategori baik, kategori perlu ditingkatkan dan kategori sangat perlu ditingkatkan,” ungkap Suwito, Selasa (12/2/2019).

Untuk kategori baik akan dialokasikan Rp 350 Juta per kelurahan, lalu kategori perlu ditingkatkan dengan alokasi Rp 370 juta per kelurahan dan kategori sangat perlu ditingkatkan yang dialokasikan  Rp 384 juta per kelurahan.

“Untuk Palangka Raya sendiri  terdiri atas 30 kelurahan dan semuanya masuk pada kategori sangat perlu ditingkatkan. Jadi akan dialokasikan 384 juta per kelurahan,” sebutnya.

Suwito menambahkan, untuk  mekanisme penyaluran dana kelurahan tersebut, pihaknya masih belum mengetahui secara persis, karena harus menunggu juknis dan bimtek.

Namun yang pasti kata dia, dana tersebut akan dialokasikan dalam dua tahap, yakni masing-masing 50 persen dengan mengacu pada program pelaksanaan kegiatan yang ditentukan.

“Kita masih menunggu juknis dalam pengalokasian dana itu. Apakah nanti, lebih dahulu ke rekening kas pemerintah daerah, baru disalurkan ke kas kecamatan yang selanjutnya dialokasikan ke kelurahan, atau malah langsung masuk ke kas kelurahan. Ini masih belum diketahui,” jelasnya.

Dilanjutkan Suwito, penggunaan dana kelurahan itu sendiri diarahkan untuk sejumlah program, antara lain pembangunan sarana dan prasarana kelurahan, serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Selain itu juga digunakan untuk peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat kelurahan.

“Dana kelurahan ini berbentuk dana alokasi umum (DAU) tambahan untuk tahun anggaran 2019. DAU dana kelurahan yang akan dialokasikan bagi kelurahan di Palangka Raya itu sendiri berjumlah kurang lebih Rp 11,5 Miliar,” pungkasnya.

Menurut Suwito,  bila mengacu PMK 187 tahun 2018, maka April nanti seharusnya dana kelurahan sudah di salurkan ke masing-masing daerah. Pembagiannya pun akan dilakukan dalam dua tahap. Dana diberikan ke kelurahan untuk dijalankan dan dipertanggung jawabkan. Setelah dilaporkan hasilnya, maka dana sisa 50 persen akan diberikan lagi. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*