INFO

30 Pengawas Kelurahan/Desa Dilindungi Undang-Undang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota palangka Raya, Eko Wahyudi hadiri pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan berikan pembekalan terhadap para peserta PKD pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tahun 2020. Pelantikan digelar secara serentak se-Kota Palangka Raya di masing-masing Kecamatan, termasuk di Aula Kecamatan Jekan Raya dan Pahandut, Jumat (13/3).

Menurut Eko, selain dilantik semua PKD juga langsung diberikan bimbingan teknis (Bimtek). “Bimtek termasuk bagian yang sangat penting setelah pelantikan. Hal ini, sebagai bekal untuk melaksanakan tugas menggawal pelaksanaan Pilkada 2020 di Kota palangka Raya sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemilu dalam undang-undang No 10 tahun 2016,” ujarnya.

“Lewat bimtek itu diharapkan nantinya para PKD memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas pengawasan dikelurahannya masing-masing. semua PKD akan menjalani tugas pengawasan di setiap tahapan pemilihan,” tambah Eko.

Mulai dari tahapan persiapan sampai dengan pengawasan terhadap pemutakhiran data, daftar pemilih, pelaksanaan kampanye dan masa tenang. Lalu, pendistribusian logistik pemilihan, pemungutan dan penghitungan suara, serta pengawasan rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kecamatan.

Pihaknya menambahkan, selain dapat memahami tugas, wewenang, dan kewajiban. PKD juga diharapkan memahami dan memegang teguh kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu. “Kepada para PKD, saya ucapkan selamat dan kami berharap dapat melaksanakan tugas penuh tanggung jawab, profesional dan berintegritas, anggota PKD dalam bekerja dilindungi Undang-undang “, tutup Eko. (MC. Isen Mulang/Ndk/Ferizal/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*