INFO

30 Warga Pahandut Diajari Olah Sampah dengan Sistem LOSEDA

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kelurahan Pahandut mengadakan pelatihan edukasi jaga dan peduli sampah rumah tangga (JELITA) yang diselenggarakan di aula basara. Jumat (18/09/2020).

Pelatihan yang dihadiri Camat Pahandut, Lurah Pahandut, Danramil 1016-01 Pahandut, Babinsa, Ketua LKK Pahandut, dan Ketua PKK Pahandut ini diikuti 30 orang.

Dalam pelatihan ini menghadirkan Danramil 1016-01 Pahandut Mayor Inf Heru Widodo sebagai narasumber. Pelatihan ini untuk menciptakan lingkungan kelurahan agar bersih dan sehat dari sampah.

Tujuan lainnya agar bisa menjadikan sampah diubah menjadi penghasilan. Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kota Palangka Raya dengan harapan Kota Cantik bebas dari sampah dan bisa meraih Adipura.

Dalam kesempatan ini Danramil 1016-01 Pahandut memberikan contoh pengelolaan sampah dengan sistem LOSEDA. Loseda adalah sebuah alat yang sederhana terbuat dari paralon yang bisa mengurai sampah organik.

Dengan alat ini pemrosesan sampah seperti pengomposan dan biopori, namun Loseda tidak mengeluarkan bau karena ada tutupnya. “Semoga materi yang kami sampaikan bermanfaat bagi peserta dan masyarakat,” sebutnya. (MC. Isen Mulang/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*