INFO

32 RT Dilakukan Penilaian oleh Tim Lomba Kampung Hijau

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam Minggu ini Tim Penilai Lomba Kampung Hijau dan Bersih Kota Palangka Raya sedang disibukan dengan turun ke lapangan untuk melakukan penilaian.

Totalnya ada 32 RT yang sedang dinilai. Rinciannya 22 RT masuk ketegori wilayah perkotaan dan 10 RT masuk kategori perdesaan. Penilaian tahap satu (P1) ini dilakukan untuk menyeleksi 15 RT yang harus mengikuti seleksi tahap dua (P2).

Kasi Pengelolaan Sampah pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, M Alfath menjelaskan sebelumnya ada ratusan RT yang dinilai agar bisa lolos penilaian P1. Untuk bisa lolos ke P1 harus bisa mengumpulkan nilai minimal 65 poin.

Sedangkan lolos ke P2, RT yang sedang dinilai harus mengumpulkan nilai minimal 70 poin. Dalam penilaian ini setiap kecamatan ada 5 RT harus masuk P2. Saat final hanya akan disisakan 6 RT wilayah perkotaan dan 6 RT dari wilayah perdesaan.

Alfath menambahkan dalam penilaian lomba kampung hijau ini tim melibatkan pengurus PKK, UPT kecamatan, dan dinas teknis. Adapun yang dinilai adalah kondisi drainase bagus atau tidak, tong sampah ada atau tidak, pekarangan warga bersih atau tidak, ada apotik hidupnya atau tidak, dan sampah yang ada dimanfaatkan untuk pembuatan kompos atau tidak.

Jika semua komponen penilaian itu dipenuhi di lingkungan warga, maka RT yang sedang dinilai itu dipastikan bisa menjadi juara. Rencananya hasil lomba kampung hijau dan bersih ini akan diumumkan saat HUT Pemkot Palangka Raya atau saat HUT RI 17 Agustus 2017.

Sementara itu Kepala UPT Jekan Raya I pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Rendro Rismae Riyadi juga ikut menjadi salah satu tim penilai. Bedanya Rendro khusus menilai RT yang menjadi wilayah tugasnya.

Di wilayah Kecamatan Jekan Raya yang dinilai oleh tim Rendro ada 11 RT yakni 6 RT di Keluarahan Bukit Tunggal, 2 RT di Kelurahan Palangka, dan 3 RT di Kelurahan Menteng. Penilaian kampung hijau ini dipastikan akan berakhir setelah Ramadan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*