INFO
37 Orangutan Terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akibat Kabut Asap

37 Orangutan Terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akibat Kabut Asap

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya sempat mengancam Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng.

Tidak hanya itu, dampak Karhutla yang berakibat kabut asap pekat juga mengakibatkan 37 orangutan muda ditengarai terjangkit infeksi saluran pernafasan ringan.

Tim medis Nyaru Menteng dengan sigap memberikan pengobatan menggunakan nebulizer, multivitamin, dan antibiotik, terutama bagi orangutan yang dianggap mengidap infeksi parah.

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan selama beberapa hari ini wilayah Kota Palangka Raya ini kondisi indeks standar pencemaran udara (ISPU) masuk kategori berbahaya.

“Asap tebal ini tidak hanya membahayakan kesehatan para staf di Nyaru Menteng, namun 355 orangutan yang dirawat di pusat rehabilitasi dan pulau-pulau pra-pelepasliaran di sekitarnya juga terganggu,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Dia menyebut pembukaan lahan dengan metoda pembakaran terus terjadi di banyak daerah di Kalimantan Tengah, terutama di sekitar Kota Palangka Raya. Hal ini menyebabkan asap tebal memenuhi kota dan wilayah sekitarnya.

Meski begitu tim di Nyaru Menteng bersama masyarakat dan unsur pemerintah juga melakukan patroli serta pemadaman beberapa titik api, sehingga berhasil mencegah penyebarannya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*