INFO

38 UMKM Ikuti Bimtek Pengembangan Usaha Perikanan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekitar 38 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Usaha Perikanan yang dilaksanakan Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Rabu (3/5/2017).

Dalam Bimtek yang dilaksanakan di aula Bappeda ini pihak panitia menghadirkan nara sumber dari BRI, dinas perdagangan dan perindustrian serta dari pelaku usaha.

Dipilihnya nara sumber dari BRI karena menurut Panitia Bimtek Usaha Perikanan, Eddy Gatot Subagiyo dalam Bimtek ini khusus membahas masalah permodalan.

Sebab selama ini para pelaku UMKM yang menekuni usaha bidang perikanan ini selalu kekurangan modal usaha. “Mudah-mudahan melalui Bimtek ini pihak BRI mengetahui langsung kondisi UMKM kita,” tuturnya.

Sedangkan dipilihnya nara sumber dari Disperindag agar para peserta dapat ilmu mengenai produk yang dihasilkan bisa berkualitas, termasuk kemasannya, sehingga diharapkan bisa bersaing di pasaran.

“Target kita 30 peserta, tapi karena PPL Rakumpit lambat mengonfirmasi kepastian peserta, makanya dalam Bimtek ini hadir sekitar 38 peserta,” tutur Eddy kepada mediacenter.palangkaraya.go.id

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Helmi dalam sambutannya selama ini para pelaku UMKM kesulitan modal dalam menjalankan usahanya.

Helmi menuturkan persoalan sulit memperoleh modal sebenarnya bisa diatasi dan tidak mesti harus dapat pinjaman dari bank, misalnya melalui iuran dari kelompok usaha yang dibentuk.

Meski begitu dinas perikanan tidak akan tutup mata. Helmi berjanji akan memperjuangkan usulan bantuan kepada kementerian berupa peralatan untuk menunjang usaha UMKM.

Di sisi lain Helmi mengharapkan pelaku UMKM harus bisa berinovasi. Jadi produk yang dibuat melulu sama dari tahun ke tahun. “Misalnya abon, produk ini sejak era 1980-an sudah ada dan sampai saat ini masih tetap abon. Jadi UMKM harus bisa berinovasi, misalnya kalau mau buat abon ya mungkin rasanya yang beda,” sarannya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*