INFO
6 Orangutan Dilepasliarkan ke TNBBBR Katingan

6 Orangutan Dilepasliarkan ke TNBBBR Katingan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng Palangka Raya kembali melepasliarkan enam orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan, Selasa (12/3/2019).

Pelepasliaran hewan dilindungi ini bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah dan Balai TNBBBR Kabupaten Katingan.

Pelepasliaran ini merupakan yang ke-15 kali di TNBBBR sejak pertama dilaksanakan pada Agustus 2016. Pelepasliaran ini juga menjadi yang ke-28 kali diselenggarakan oleh Program Reintroduksi Orangutan Yayasan BOSF di Kalimantan Tengah sejak 2012 dan menambah jumlah orangutan yang dilepasliarkan di TNBBBR menjadi 120 individu.

Ke-6 individu orangutan ini terdiri dari tiga jantan Rosidin (20 tahun), Tristan (16), dan Borneo (1) dan 3 betina, yaitu Buntok, induk Borneo (12), Paijah (15), dan Danida (13).

Mereka akan melangsungkan perjalanan selama sekitar 10-12 jam menempuh jalur darat dan sungai menuju titik pelepasliaran yang telah ditentukan di hutan TNBBBR.

Kepala BKSDA Kalimantan Tengah, Abid Gunawan mengatakan instansinya terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang aktif bergerak dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Yayasan BOSF yang membantu kami merehabilitasi orangutan korban deforestasi secara teratur melepasliarkan orangutan ke habitat alaminya dengan baik dikelola rekan-rekan di Balai TNBBBR. Sejak 2016 kerja sama ini telah berhasil memulangkan ratusan orangutan ke habitatnya. Hal tersebut sebagai hasil kerja bersama yang luar biasa, jumlah totalnya mencapai 120 individu,” sebutnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*