INFO

60 Warga Kalteng Memperoleh Pelayanan Operasi Katarak Gratis

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 60 warga Provinsi Kalimantan Tengah mendapat pelayanan kesehatan gratis dari Pollux Habibie International melalui Pollux Habibie Vision, Jumat (12/5/2017). Pelayanan kesehatan tanpa dipungut biaya itu berupa operasi katarak.

Aksi sosial ini diadakan di Klinik Mata dan Katarak, Tambun Bungai, Jalan RTA Milono, Palangka Raya. Turut hadir Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

Bagi Mofit aksi sosial ini sangat mulia kerana membantu warga kurang mampu yang terkena katarak. “Ke depan pemerintah kota bekerja sama dengan Pollux Habibie akan terus melaksanakan kegiatan serupa,” katanya.

Direktur Pollux Habibie Vision, Saraswati Hasanah mengatakan operasi katarak gratis ini merupakan wujud dari program CSR “Sepuluh Ribu Mata”. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang terkena katarak, apalagi penyakit ini banyak di Indonesia.

Operasi katarak ini dilakukan dengan teknik paling mutakhir melalui metode operasi phacoemultifikasi dengan memanfaatkan getaran ultrasonic. Operasi ini sangat cepat tanpa harus menjalani rawat inap. Metode ini juga tanpa memerlukan jahitan.

“Setelah operasi, besok diperiksa lagi berikut satu bulan kemudian kontrol,” ungkapya. Pihakya masih terus melakukan aksi sosial ini dan saat ini baru sekitar 500 mata yang dioperasi dari target 10.000 mata.

Direktur Klinik dan Katarak Tambun Bungai, dr Beni mengatakan peserta operasi berjumlah 60 orang dari target 50 orang. “Mereka dari Kalteng. Ada yang dari daerah pelosok di Sampit,” katanya.

Menurut Beni, katarak bisa terjadi karena faktor usia. Katarak juga bisa diobati, ada juga yang tidak. “Kalau bisa diobati, kita bantu. Normalnya, kalau operasi katarak, per mata Rp10 juta sampai Rp15 juta,” tuturnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*