INFO
70 Hektare untuk Tanam Padi di Palangka Raya

70 Hektare untuk Tanam Padi di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sedikitnya 70 hektare disiapkan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya tahun 2019 ini guna pengembangan tanaman padi.
“Luas lahan sebesar itu, untuk tanaman padi. Khusus di Kelurahan Tanjung Pinang dan Kelurahan Bereng Bengkel,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya Harry Maihadi, Senin (17/6/2019).

Dijelaskan Harry, lahan seluas 70 hektare itu setidaknya didapat dengan memanfaatkan area lahan-terlantar atau lahan yang masih kosong, namun produktif untuk dikelola dengan baik.

Terlebih kata dia, jika melihat potensi pengembangan padi di Kota Palangka Raya masih cukup bagus, walaupun jauh berbeda jika dibandingkan daerah-daerah lain yang memang sentra pertanian.

Namun terlepas dari itu, untuk segi struktur lahan masih banyak yang bisa produktif digunakan untuk ditanami padi.

“Pengembangan sayur mayur maupun buah-buahan cukup sukses. Kami harap untuk tanaman padi juga demikian. Ketersediaan lahannya kita masih banyak koq,” tukasnya.

Harus diakui tambah Harry, masih ada beberapa kendala dalam pengembangan berbagai komoditas pangan yang ada di kota ini, salah satunya adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM).

“Kurangnya minat serta minimnya pengetahuan atau SDM tentu berpengaruh pada pengembangan sektor pertanian di Palangka Raya,” imbuhnya.

Akan tetapi sambung Harry, pihaknya akan terus mendorong pengembangan pertanian yang telah ada. Salah satunya meminta bantuan ke pusat seperti pengadaan Alsintan, bibit, dan pupuk untuk mempermudahkan petani dalam pengembangan pertanian. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*