INFO

Dirjen Cipta Karya Resmikan IPAL Vila Tirta Mas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Ir Dodi Krispratmadi bersama Walikota Palangka Raya HM Riban Satia meresmikan Instalasi Pengelohan Air Limbah (IPAL) komunal di Vila Tirta Mas, Jalan G Obos, Rabu (22/3/2017) pukul 12.00 WIB.

Peresmian IPAL ini bertepatan memperingati Hari Air Sedunia ke-XXV. IPAL Vila Tirta Mas ini mampu melayani 120 sambungan rumah tangga. Dengan diresmikan IPAL ini maka tingkat pelayanan sanitasi layak untuk Kota Palangka Raya sudah mencapai 70 persen.

Capaian 70 persen itu menurut Dodi Krispratmadi menempatkan Kota Palangka Raya sudah di atas rata-rata nasional yang per 14 Maret 2017 masih 67 persen. Dengan operasionalkannya IPAL ini diharapkan tingkat kesehatan masyarakat, khususnya warga Komplek Vila Tirta Mas menjadi lebih baik.

Dijelaskan, dengan adanya IPAL ini semua limbah masyarakat seperti sampah dan air limbah akan diolah agar buangannya ramah lingkungan. Selain itu kondisi drainase harus baik dan berfungsi sebagaimana mestinya.

“Sanitasi lingkungan adalah yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi lingkungan bisa diartikan pula sebagai kegiatan untuk meningkatkan standar kondisi lingkungan yang mempengaruhi kesejahteraan manuisia,” tuturnya.

Dodi menjelaskan tanpa pengelolaan sanitasi yang baik maka akan mengakibatkan terjadinya pencemaran, utamanya yang berasal dari limbah masyarakat dan berpotensi menimbulkan penyakit diare.

Sebab berdasarkan data nasional, penyakit diaere menjadi penyebab angka kematian bayi dan anak paling tinggi. Menurut penelitian Bank Dunia, penyakit diare bisa menyebabkan bayi atau anak bisa stanting (tidak bisa tumbuh besar), karena sering terpapar bakteri diare dan penyakit perut.

Untuk itu pemerintah Kementerian PUPR melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah sedang konsen meningkatkan pembangunan bidang sanitasi yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dodi berharap ke depannya IPAL menjadi program prioritas Pemko Palangka Raya.

Sementara itu Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya peringatan Hari Air Sedunia yang ditandai dengan persemian IPAL Vila Tirta Mas.

Riban menyebut selama ini Pemerintah Kota sangat serius untuk menangani sampah dan hasilnya sudah cukup baik. Sampah rumah tangga sudah dipisah antara yang kering dan basah.

Begitu pula soal jam buang sampah juga sudah diatur dari pukul 16.00 s.d 03.00 wib. Dia berharap dengan adanya pengelolaan IPAL ini menjadikan wailyah Kota Cantik Palangka Raya menjadi nyaman dan bersih. (MC Isen Mulang/nai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*