INFO

80 Relawan Ikuti Bimtek Penanggulangan Bencana

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 80 relawan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penanggulangan bencana yang diadakan Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Selasa (9/5/2017).

Para relawan ini berasal dari BPBD, petugas pemadam kebakaran (Damkar), tim serbu api kelurahan (TSAK), pemadam swakarsa, dinas kesehatan, dinas sosial, TNI, dan Polri.

Adapun tujuan dilaksanakannya Bimtek ini menurut Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto untuk meningkatkan kapasitas para pelaku-pelaku kebencanaan.

Materi yang disampaikan pada Bimtek ini soal kebijakan penanggulangan bencana yang disampaikan pemateri dari BPBD provinsi. Materi lainnya soal pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, mitigasi kontijensi, peranan pemadam dan penyelamatan terkait karhutla.

Selanjutnya materi tentang upaya represif penindakan hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan (Karhutla) oleh Polri, sedangkan sistem komando dari dalam mengenai kebencanaan disampaikan oleh TNI.

Setelah mendapat pembekalan secara teori, besoknya semua peserta Bimtek akan mengikuti simulasi cara penanggulangan bencana. Lokasi praktek di kawasan rumah betang Jalan Temanggung Tilung mulai pukul 07.00 WIB.

Supriyanto menjelaskan tujuan dilaksanakannya simulasi ini agar para peserta Bimtek tahu, mengerti, paham, dan terampil dalam menangani penanggulangan kebencanaan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*