INFO
879 Petugas KPU Palangka Raya Dirapid Test

879 Petugas KPU Palangka Raya Dirapid Test

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar tes cepat atau rapid test. Sedikitnya 879 Petugas KPU kota setempat dirapid test secara bertahap.

Dilakukannya rapid test di lembaga penyelenggara pemilu tersebut tidak lain untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, sekaligus sebagai upaya kongkret KPU menjadi role model protokol kesehatan dalam pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, mengatakan pelaksanaan rapid test bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 dan pemenuhan syarat bagi penyelenggara pemilu di wilayah Kota Palangka Raya.

“Rapid test ini sebagai langkah pencegahan, mengingat penyelenggaraan pilkada tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,” katanya, Rabu (8/7/2020)

Lebih lanjut Ngismatul menjelaskan, pelaksanaan rapid test tersebut dilakukan secara bertahap dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan berdasar wilayah per kecamatan.

“Jika ada anggota KPU, PPK dan PPS yang hasil rapid testnya reaktif, maka diwajibkan melakukan isolasi mandiri dan dilakukan test swab,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Ngismatul menambahkan, saat ini pihaknya tengah melaksanakan tahapan pilkada Kalteng, yakni seleksi Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Selanjutnya pada 11 sampai dengan 14 Juli mendatang, akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis PPDP pada masing-masing kelurahan.

“Apabila pada saatnya nanti ada PPDP yang datang, kami minta masyarakat tidak melakukan penolakan. Selain dilengkapi alat pelindung diri (APD), petugas kami juga dilengkapi dengan tanda pengenal yang jelas,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*