INFO
90 Persen Warga Palangka Raya Tercover BPJS Kesehatan

90 Persen Warga Palangka Raya Tercover BPJS Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hingga Juli 2019 ini total warga Kota Palangka Raya yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan mencapai 90.91 persen atau 240.615 jiwa dari total penduduk.

Angka ini lebih kecil dari target BPJS yang menargetkan universal health coverage (UHC) pada 2018 mencapai 95 persen, namun dianggap cukup bagus ketimbang daerah lain.

Realisasi UHC Palangka Raya terbilang cepat, karena di akhir tahun lalu masih berkisar di angkar 80-an persen. Prestasi ini berkat kerja keras dari semua stakeholder.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo, Minggu (14/7/2029) mengaku optimistis progres UCH terus meningkat hingga mendekati 100 persen di 2019 ini.

Guna menuntaskan UCH ini pihak pemerintah daerah terus mengalokasikan anggaran untuk meng-cover warga tidak mampu agar mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Di sisi lain pada 2018 pihak BPJS rutin melakukan koordinasi dengan SOPD, termasuk camat dan lurah untuk memaksimalkan pendataan terhadap warga yang belum tercover sebagai peserta JKN-KIS yang premi asuransinya dibayari pemerintah. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*