INFO

92 Persen Warga Palangka Raya Sudah Jadi Peserta BPJS Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dipilihnya Kota Palangka Raya sebagai tujuan studi banding oleh anggota DPRD Kabupaten Barito Timur bukan tanpa alasan.

Palangka Raya merupakan daerah di Provinsi Kalimantan Tengah yang paling cepat merealisasikan target masyarakatnya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Dinas kesehatan mencatat per April 2018 sudah 92 persen warga Kota Palangka Raya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Jumlah ini merupakan peserta PBI dan non PBI.

Dengan capaian ini kurang sedikit lagi Pemerintah Kota Palangka Raya mampu merealisasikan target nasional per Agustus 2018 sudah mencapai 95 persen.

“Khusus untuk peserta PBI sampai April 2018 sudah tercapai 25.751 jiwa atau 86 persen dari target 40.000 jiwa pada 2019,” yang dipaparkan dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya saat memberikan penjelasan kepada rombongan DPRD Kabupaten Barito Timur tentang Perda Jamkesda, Kamis (31/5/2018).

Dijelaskan, cepatnya target peserta JKN-KIS dari PBI ini karena dinas kesehatan selalu menyarankan kepada warga kurang mampu untuk mendatangi kantor dinas sosial guna mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan. (MC. 8sen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*