INFO

94 Guru Ikuti Sosialisasi Sekolah Adiwiyata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mulai Juni-Juli 2017 nanti seluruh sekolah di Kota Palangka Raya akan mengikuti lomba sekolah adiwiyata. Sebelum lomba dimulai, para tenaga pendidik dikumpulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Totalnya ada 94 guru. Mereka merupakan utusan dari sekolah. Mereka dikumpulkan di Ruang Peteng Karuhei II Balai Kota Palangka Raya untuk mengikuti Sosialisasi Sekolah Adiwiyata, Kamis (4/5/2017).

“Ke-94 orang itu terdiri SD/MIN 58 orang, SLTP/MI 18 orang, dan SMA/MA 18 orang, dan diikuti 5 orang dari dinas pendidikan, serta 10 orang dari tim adiwiyata,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Rawang.

Lomba sekolah hijau yang digelar setiap tahun ini untuk mencari sekolah yang bisa mewakili Kota Palangka Raya pada lomba tingkat provinsi dan pusat.

Rawang menjelaskan biasanya proses penilaian oleh tim adiwiyata akan dimulai antara Juni-Juli dan hasilnya akan diumumkan diakhir tahun antara November-Desember.

Dia berharap tahun ini ada sekolah di Palangka Raya ini bisa mengikuti lomba tingkat nasional untuk meraih piagam Adiwiyata Mandiri. Jika bisa lolos, maka bisa mengikuti lomba tingkat ASEAN.

Sementara itu Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Sulaksmi membacakan sambutan walikota mengatakan pada 2016 Palangka Raya telah berhasil mendapat penghargaan nasional berupa predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri yang disumbangkan oleh SDN 4 Menteng dan SDN Percobaan.

“Semoga melalui sosialisasi ini akan mendapat masukan yang bermanfaat untuk ditindaklanjuti, sehingga ke depan akan lebih banyak sekolah yang berbudi dan berbudaya lingkungan,” pesannya.

Sulaksmi menjelaskan tujuan program Adiwiyata ini untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah bisa turut serta bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Syarat untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata adalah dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yang asri bagi sekolah, seperti memelihara kebersihan, menanam pohon. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*