INFO
Ada Sekolah di Palangka Raya Tak Gelar USBN

Ada Sekolah di Palangka Raya Tak Gelar USBN

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Sebanyak 5.082  siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Kota Palangka Raya, sejak tanggal 3 hingga 5 Mei mengikuti ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Hanya saja berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, ternyata masih ada sekolah yang belum bisa melaksanakan USBN, dengan alasan tidak memiliki murid kelas enam.

Tidak adanya murid kelas enam pada lembaga sekolah tersebut menurut Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, lebih dikarenakan banyak faktor penyebab.

Sebut saja, sekolah telah ada berdiri sejak enam tahun yang lalu, namun bisa jadi saat itu siswanya tidak ada, atau sedikit, sehingga orangtua siswa lebih menyekolahkan anaknya ke sekolah lain. 

“Nah, kenapa sekolah itu tidak menggelar USBN, karena muridnya memang  tidak ada. Ya, kita tidak mungkin melarang orangtua dalam memilih sekolah bagi anaknya,”ungkap Riban, Kamis (3/5/2018).

Tidak bisa dipungkiri lanjut dia, adanya sekolah yang tidak melaksanakan USBN, lebih banyak terjadi pada daerah pelosok . Dimana tingkat frekuensi angka kelahiran relatif kecil, meskipun pemerintah tetap menyediakan sekolah-sekolah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pendidikan.

“Pemko melalui Disdik akan menganalisa dan mengkaji, kenapa masih ada sekolah yang tidak menggelar USBN. Apa faktor penyebabnya harus diketahui,”cetus Riban.

Sebelumnya Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Rachmad Winarso, menyebutkan, USBN tahun ini diikuti sebanyak131 sekolah yang terdiri dari  SD / MI negeri dan swasta dari 5 kecamatan se Kota Palangka Raya.

Semestinya kata dia, USBN diikuti sebanyak 134 sekolah, hanya saja dua diantaranya berstatus  Sekolah Luar Biasa negeri (SLBN), yang saat ini ditangani langsung Disdik provinsi, sedangkan satu sekolah lagi tidak bisa menggelar USBN, karena belum memiliki siswa kelas enam.

“Ada satu  sekolah di daerah pelosok Palangka Raya tidak menggelar USBN, yakni SDN 1 Petuk Berunai di Kecamatan Rakumpit. Alasannya, karena tidak ada siswa kelas enam,”jelasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*