INFO
Ada Upaya Penghindaran Bayar Pajak Hiburan

Ada Upaya Penghindaran Bayar Pajak Hiburan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pajak hiburan di Kota Palangka Raya juga diperkirakan bisa ditingkatkan jika melihat dari realisasi PAD yang terus meningkat selama empat tahun terakhir.

Berdasarkan data dari Tim Ahli Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya dari Universitas Brawijaya realisasi pajak hiburan di 2014 hanya Rp2 miliar, namun di 2015 meningkat menjadi Rp2,1 miliar.

Kemudian di 2016 meningkat menjadi Rp2,53 miliar, pada 2017 meningkat lagi menjadi Rp2,56 miliar, dan 2018 naik lagi menjadi Rp3 miliar dari target Rp3,5 miliar.

Tim Ahli Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya dari Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, Titov memperkirakan potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak hiburan bisa lebih besar dari yang ada saat ini.

“Masalahnya saat ini ada upaya penghindaran pajak oleh pelaku usaha,” kata Titov saat paparan analisa potensi pajak daerah di Ruang Peteng Karuhei I, Senin (24/6/2019).

Titov menyarankan untuk meningkatkan pajak hiburan bisa dilakukan dengan pengembangan basis pajak hiburan. Bisa juga dengan cara meningkatkan sosialisasai dan pengawasan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Strategi lainnya yang ditawarkan yakni pilot project pemasangan alat integrasi pajak online yang bisa diterapkan di hotel yang sekaligus bisa memungut pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*