TERKINI

Agar tidak Panik dan Khawatir Berlebihan atas Wabah Virus

MEDIA CENTER, Palangka Raya – SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya bekerja sama dengan Puskesmas Bukit Hindu dan Puskesmas Menteng melakukan sosialisasi pencegahan virus corona di halaman komplek perguruan Muhammadiyah Jalan RTA Milono Palangka Raya, Jumat (6/3/2020).

Peserta dari sosialisasi ini selain dari SMK Kesehatan Muhammadiyah, turut hadir juga dewan guru dan siswa-siswi dari SMP Muhammadiyah Palangka Raya dan SMA Muhammadiyah Palangka Raya.

Kepala SMK Kesehatan Muhammadiyah, Dewi Sari Mulia, dalam sambutan menyampaikan, “Harapan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kewaspadaan siswa-siswi dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Dan pesan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng agar kita tidak panik dalam menyikapi permasalahan kesehatan global ini dan diharapkan kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan serta selalu berdoa agar masyarakat Kalteng terhindar dari penyebaran penyakit yang merugikan ini”.

Dalam materi sosialisasi yang disampaikannya Zakia Sufiatinur dari Puskesmas Menteng adalah penjelasan dan mempraktekkan cara mencuci tangan yang baik dan sesuai prosedur kesehatan.

Sedangkan Nayla Afkarin dari Puskesmas Bukit Hindu menekankan pada cara melindungi diri dari infeksi bakteri dan virus ketika sedang berada dikeramaian.

Di akhir materinya, Zakia meyakinkan, “Siswa dan siswi sekalian agar tidak panik dengan wabah virus tersebut. Karena pemerintah dan instansi kesehatan di seluruh dunia sudah memberlakukan standar pengawasan dan penanggulangan virus corona yang sangat ketat dengan fasilitas serta prasarana yang memadai sehingga tak ada alasan untuk khawatir secara berlebihan”.

Ditambah oleh Nayla, virus adalah penyakit yang menyerang imun, jadi menjaga kondisi tubuh serta kebersihan diri dan lingkungan adalah salah satu cara terbaik dan paling dini untuk membentengi diri dari virus tersebut.

Menutup kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam, para guru SMK Muhammadiyah dan perwakilan Dosen Diploma III Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya turut serta membagikan brosur tentang cara pencegahan penularan virus corona kepada siswa-siswi yang hadir dalam sosialisasi tersebut. (MC. Isen Mulang/Bam/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*