INFO

Agrowisata, Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Agrowisata adalah sebuah objek wisata yang memanfaatkan usaha pertanian ( agro) sebagai obyek wisata. Dengan kata lain, agrowisata merupakan perpaduan antara pertanian atau perkebunan dengan pariwisata yang dikombinasikan menjadi destinasi yang menarik bagi masyarakat.

Agrowisata merupakan salah satu potensi dalam pengembangan industri pariwisata. Untuk itu Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Martiana Winarsih sebagai ketua Tim Pengelolaan Data Base Pariwisata didampingi oleh Kasi Analisa Data dan Pasar Pariwisata, Agustina Titin, Kasi Strategi Pengembangan Jaringan dan Pemasaran Pariwisata, Cornelia Srinawa Astuti
serta beserta Staf pada Bidang Pemasaran Pariwisata, melalukan kunjungan dan pendataan ke salah satu agrowisata yang dikelola dan sedang dikembangkan oleh bapak Rogas Usup bersama dengan isterinya yang berada di Jl. St. Yosep Kawasan Taman Alam Bukit Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Jumat ( 20/3/2020).

Potensi lahan yang cocok dijadikan tempat agrowisata seluas 30 hektare ini ditanami berbagai jenis buah-buahan, seperti buah jeruk, buah naga, buah pepaya, buah lengkeng dan berbagai macam buah-buahan lainya yang sedang dikembangkan. Adapun tujuan dari agrowisata ini agar masyarakat atau pengunjung dapat belajar tentang cara berkebun, menikmati buah segar hasil petikan sendiri yang langsung dari pohonnya, atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan kebun yang sangat jarang dijumpai di Kota.

Disampaikan bapak Rogas bahwa Agrowisata yang dikelolanya juga ada kolam pemancingan ikan bagi pengunjung yang mempunyai hobi untuk memancing. Saat ini sedang dalam proses pengembangan kawasan agrowisata yaitu pembangunan kolam renang dengan memanfaatkan sumber mata air dari Bukit Tangkiling dan pembagunan gedung pertemuan.

Kedepan rencananya juga akan disediakan tempat menginap bagi pengunjung, sarana ibadah bagi pengunjung baik Kristen, Islam, Hindu, Budha dll. Sehingga diharapkan agrowisata ini akan terintegrasi dengan fasilitas pendukung lainya agar pengunjung merasa nyaman dan betah selama berkunjung di agrowisata miliknya, tutup Rogas. ( MC. Isen Mulang/Iin/win/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*