TERKINI

Agrowisata Upaya Mewujudkan Ekonomi Cerdas Kota Palangka Raya

Agrowisata Upaya Mewujudkan Ekonomi Cerdas Kota Palangka RayaMEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, Pengembangan (Bappedalitbang) kota Palangka Raya dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR) mengadakan seminar awal kajian mewujudkan ekonomi cerdas melalui agrowisata, di Aula Peteng Karuhei I, Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis siang (8/7/2021).

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh Kepala Bappedalitbang Harry Maihadi, “Kota Palangka Raya yang luas ini mempunyai 3 wajah, yaitu wajah perkotaan, wajah pedesaan dan wajah hutan. Sehingga menjadi tantangan untuk pengembangan Agrowisata, sehingga diperlukan semua masukan yang membangun untuk hal tersebut”.

Sasaran smart economy adalah untuk mewujudkan ekosistem yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat yang sejalan ekonomi unggulan daerah.

“Salah satu sektor jasa yang dapat mendukung pengembangan ekonowi wilayah Kota Palangka Raya adalah Pariwisata yang berbasis pertanian atau Agrowisata”, ungkap Dr.Ir Wilson Daud, M.Si dari LPPM UPR dalam paparannya.

Pengembangan Agrowisata kota Palangka Raya ini didukung sumberdaya alam yang unik yang tidak dimiliki daerah lain, seperti lahan gambut.

Dalam paparan tersebut ditambah juga pernyataan oleh Dr. Firlianty, S.Pi., MS, “Tujuan kajian ini menggali keunikan, menganalisa permasalahan yang dihadapi pengembang, menganalisa harapan pengunjung Agrowisata di Kota Palangka Raya”.

Kegiatan kajian dilakukan di Kota Palangka Raya yaitu destinasi agrowisata yang ada di Kecamatan Pahandut, Jekan Raya, Sabangau, Bukit Batu dan Rakumpit. (MC Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*