INFO
Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

MEDIA CENTE R, Palangka Raya – Masyarakat ‘Kota Cantik’ Palangka Raya diminta dapat cerdas dalam memanfaatkan obat sesuai dengan fungsinya.

Harapan tersebut adalah point penting dari kegiatan dengan tajuk “Gemas” cerdas gunakan obat, yang digagas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Senin (11/3/2019), di Aula Gedung Batang Garing Palangka Raya.

Plt Kepala Dinkes Kota Palangka Raya Andjar H. Purnomo, mengatakan,  masyarakat harus bisa memahami bagaimana cara menggunakan obat yang benar dalam peruntukannya sebagai pengurang rasa sakit dari berbagai penyakit.

“Ya.  tidak sedikit masyarakat yang mengobati diri sendiri tanpa anjuran resep, ataupun dosis yang tepat dari ahlinya,” ucapnya.

Penggunaan obat yang tidak cerdas dimasyarakat inilah kata Andjar mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, dengan mendorong bagaimana masyarakat untuk meminum obat sesuai dosis tidak kurang dan sesuai yang dianjurkan.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi yang tepat, benar, bahwa menggunakan obat harus sesuai resep dokter. Jadi tidak bolek memutuskan diri sendiri,” cetusnya.

Agustinawati yang merupakan ketua panitia kegiatan itu menjelaskan, bahwa peran dari apoteker sangat penting dalam mengingatkan masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan obat.

“Penggunaan obat yang salah tanpa melalui resep masih cukup tinggi terjadi di Indonesia,” bebernya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*