INFO
Ajak Masyarakat Saling Mengawasi Lingkungan

Ajak Masyarakat Saling Mengawasi Lingkungan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah mengajak masyarakat di wilayah tersebut untuk mengawasi lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, terutama untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan ancaman bagi ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Ungkapan itu disampaikan Umi menyikapi adanya peristiwa penggrebekan yang dilakukan aparat terhadap sejumlah oknum yang diduga teroris di Jalan Pinus Permai Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut Palangka Raya.

“Intinya kita tidak boleh lengah, terlebih Palangka Raya ini adalah kota yang identik dengan kedamaian dan kerukunan. Maka itu, mari saling mengawasi lingkungan masing-masing,”pintanya, Selasa (11/6/2019).

Lanjut Umi, dalam hal mengawasi lingkungan masyarakat, maka tidak hanya tugas pemerintah semata, namun lebih pada kewaspadaan dan pengawasan bersama seluruh elemen.

“Jadi bukan tugas, camat, lurah ataupun RT/RW saja, melainkan semua masyarakat harus peka dan waspada terhadap hal-hal yang bisa mengganggu ketertiban lingkungan,” tegasnya lagi.

Harus diakui sambung Umi, Palangka Raya saat ini merupakan kota yang berkembang, seiring dengan itu pertumbuhan penduduk akan bertambah. Terlebih warga yang merupakan pendatang baru akan menambah jumlah populasi tersebut.

Terlepas dari itu kata dia, maka menjadi hak semua orang manakala ingin memilih tempat berdomisili, berusaha maupun mencari penghidupan yang lebih baik lagi di Palangka Raya.

“Ya, kalau pendatang baru itu bersikap tertutup, tidak beradaptasi dengan masyarakat dan gerak geriknya mencurigakan, termasuk ideologi yang menyimpang, maka tentu harus diwaspadai dan dicurigai,” terangnya.

Ketika mendapatkan situasi ini tambah Umi, maka masyarakat harus peka dengan lingkungannya. Terlebih kata dia, masyarakat yang ada disetiap lingkungan di Palangka Raya ini rata-rata saling mengenal satu sama lain.

“Saya juga berharap RT/RW sebisa mungkin mendata setiap ada warga baru di lingkungannya. Terutama melihat identitas kependudukan maupun latar belakang dalam berbagai aspek,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*