INFO
Aksi Tanam Pohon Jadi Tradisi APEKSI

Aksi Tanam Pohon Jadi Tradisi APEKSI

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Aksi penanaman pohon yang merupakan rangkaian dari kegiatan pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke V Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Kota Palangka Raya, pada   9 – 11 Oktober 2018, mendapat apresiasi dari kalangan DPRD Kota Palangka Raya.

“Selain tujuan kegiatan Apeksi ini untuk merekomendasikan isu-isu strategis maka aksi penanaman bibit pohon merupakan langkah awal dari komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, Rabu  (10/10/2018)

Selama ini lanjut dia, kegiatan penanaman bibit pohon telah menjadi tradisi setiap pelaksanaan Rakerwil Apeksi. Namun demikian setelah kegiatan itu selesai maka harus ada upaya merawat dan meneruskan komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Jujur banyak program penghijauan, yang didalamnya ada aksi penanaman bibit pohon. Tetapi setelah itu usai tidak ada keberlanjutan. Sebut saja, bisa menanam tetapi tidak bisa merawat,” kritiknya.

Subandi pun menginginkan, agar kegiatan penanaman pohon pada kegiatan Apeksi  ini hendaknya dapat menjadi momentum untuk mengajak semua elemen masyarakat untuk peka terhadap isu-isu penting kelestarian lingkungan.

“Seperti di kegiatan Apeksi ini para walikota dan pemerintah kota se Kalimantan melakukan penanaman bibit pohon. Coba nanti pohon yang ditanam dijadikan monumental atau simbol bahwa pemerintah sejatinya komitmen menjaga lingkungan hidup yang asri, bersih dan sehat,” cetusnya.

Sebelumnya Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, mengatakan, pemerintah kota se Kalimantan memiliki komitmen yang sama, yakni ingin memperluas kawasan ruang terbuka hijau di daerah masing-masing dengan melakukan modifikasi kawasan kota menjadi hijau dan asri

“Kegiatan penanaman pohon yang sudah menjadi rutinitas dari rangkaian kegiatan Apeksi. Ini dapat menjadi contoh dari tekad semua pemerintah kota untuk peduli lingkungan,” tuturnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*