INFO
Ambil Sisi Positif, Meski Jenuh Dampingi Anak Belajar Daring

Ambil Sisi Positif, Meski Jenuh Dampingi Anak Belajar Daring

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak bisa dipungkiri, kebijakan belajar di rumah bagi para peserta didik sekolah dimasa pandemi, memiliki sisi positif dan negatif.

Sisi positifnya, dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak. Jika sebelumnya orang tua lebih memilih memasrahkan pendidikan anaknya kepada gurunya di kelas, kini orang tua tahu langsung perkembangan pendidikan anaknya.

Namun sisi negatifnya anak-anak menjadi jenuh dan orang tua juga kerepotan karena harus bekerja dari rumah. Terlebih belajar dari rumah ini berjalan hampir enam bulan.

Seperti yang dirasakan Yanti seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Menteng Kota Palangka Raya, dimana ia mengaku cukup jenuh mendampingi dan membantu menyelesaikan tugas belajar anaknya di rumah melalui daring yang sudah diberikan guru kelasnya

“Awal-awal sih tidak ada yang memberatkan. Namun sudah berjalan enam bulan mulai terasa malas dan bosan. Anak pun terkadang uring-uringan, bahkan mengaku lebih enak belajar tatap muka disekolah,”ungkapnya Jumat (14/8/2020).

Yanti menuturkan, aktivitas belajar anak di rumah kembali berjalan. Sejak dimulainya ajaran baru, pola belajar pun tetap dengan sistem daring/online, mengingat sekolah masih memberlakukan anak siswa belajar di rumah akibat pandemi covid-19 belum mereda.

“Iya masih diterapkan pembelajaran daring. Baik melalui aplikasi zoom, google classroom dan lain-lainnya. Terasa budget anggaran beli pulsa/paket data dan komputer bertambah,”tukasnya.

Namun begitu, selaku orang tua imbuh Yanti, dia hanya berpikir inilah kondisi saat ini. Ambil sisi positif agar anak selaku generasi penerus memiliki bekal untuk cita-citanya kelak.

Terlepas dari itu Yanti berharap agar tugas-tugas yang diberikan guru berisikan tugas yang sewajarnya saja. Terutama bahan pelajaran yang mudah diakses melalui internet. Di sisi lain tugas yang diberikan harus sejalan dengan pola pikir anak pada tingkatannya masing-masing. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*