INFO

Anak Hasanka Boarding School Diajari Seni Berpantomim

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mahaga Basa Payung Literasi yang dilakukan di sekolah kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Komunitas ini memenuhi undangan sekolah berasrama yakni Sekolah Harapan Insan Kalimantan (Hasanka Boarding School).

Pegiat literasi yang juga teaterawan, M.Saifullah memberikan pelatihan singkat seni berpantomim. Di hadapan 39 siswa SMP dan SMA Hasanka yang terletak di Jalan Seth Adji No 50, Saifullah memberikan model aksi berpantomim sembari memberikan penjelasan.

Para anak-anak Hasanka sangat antusiasme mengikuti dan mempraktikkanya. Mereka membentuk kelompok dan berdinamika membangun cerita yang akan ditampilkan dalam pantomim, Senin (4/11/2019).

Tampaklah pantomim ini bisa merupakan seni teater yang menampilkan cerita yang disuguhkan dengan ekspresi gerak tubuh tanpa kata-kata. Untuk bisa berpantomim dengan baik, tentu belajar dengan baik pula.

Belajar berimajinasi, mengolah rasa, melenturkan gerak, memahami detail peristiwa, dan mengalirkan ide tanpa kata bisa menjadi kemestian yang dipelajari.

Maka para siswa pembelajar pantomim itu bergerak mengalirkan rasa dan imajinasinya. Ada gerak patah-patah, langkah dan lambai lembut mengayun, mimik menggelitik.

Ada gerak tertahan membentur tembok, berjingkat, mengetuk pintu, dan menyajikan hidangan. Mereka mencoba menggerakkan detail dalam dinamika kelompok.

Seusai salat asar berjemaah, sesi penampilan berlangsung. Lima kelompok siswa berkesempatan menampilkan cerita yang digagas kolektif. Ada yang telah menunjukkan keseriusan.

Ada pula yang mungkin masih gamang. Proses belajar berpantomim tentu bukan sekadar. Mesti ada keseriusan dan kekonsistenan. Namun untuk sebuah pelatihan yang singkat, tampaknya minat dan potensi untuk berkembang sudah terlihat dan terbangkitkan.

Ragam cerita disajikan. Kegembiraan mengalir beriring aplaus dan tepuk tangan. Semua bersemangat membinarkan motivasi. Teman-teman Payung Literasi turut mengapresiasi dengan berpuisi dan berpantun yang berturut-turut tampil yakni Misbah, Mahdalena, dan Lukman Juhara yang dipandu pewara Poppy dan ditunggui kreator Payung Literasi, Usy Mary dan Ray Ariono. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*