INFO
Anggota DPRD HSU Kaji Banding ke Palangka Raya

Anggota DPRD HSU Kaji Banding ke Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kaji banding ke DPRD Kota Palangka Raya, Jumat (25/10/2019).

Dalam kunjungan kerja ini DPRD HSU belajar tentang penyusunan jadwal badan musyawarah (Banmus) dan mekanisme penyusunan APBD 2020. Mereka juga belajar pengelolaan keuangan bagian sekretariat dewan.

Dalam penjelasannya Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra mengatakan saat ini DPRD Palangka Raya sudah menetapkan jadwal kegiatan kedewanan hingga Desember 2019.

Sementara itu DPRD Palangka Raya juga belum menetapkan APBD 2020 karena masih tahap pembahasan antara eksekutif dengan Badan Anggaran (Banggar).

Beta menegaskan mekanisme sederhana penyusunan APBD yakni harus berdasarkan usulan dari eksekutif, kemudian disampaikan melalui rapat paripurna, dibahas oleh Banggar, kemudian disahkan melalui paripurna.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya, Sitti Masmah menjelaskan mekanisme pengelolaan keuangan bagian sekretariat dewan dengan kegiatan dewan.

Ia mengatakan keuangan bagian sekretariat dengan kegiatan DPRD dipisahkan. Bagian Sekretariat DPRD Palangka Raya memiliki kode rekening sendiri.

“Begitu pula dengan semua kegiatan kedewanan juga memiliki kode-kode rekening sendiri, bahkan khusus untuk unsur pimpinan dewan juga memiliki kode rekening sendiri,” jelasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*