TERKINI
Angkat Nilai Budaya dan Pariwisata dengan Musik Etnik

Angkat Nilai Budaya dan Pariwisata dengan Musik Etnik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ritme musik berupa hentakan gandang (gendang) dan garantung (gong), kakanong serta alunan kecapi, ditambah bunyi beberapa alat tradisional khas Dayak, terdengar dan terlihat energik dimainkan. Bahkan sesekali irama itu disisipi senandung syair Karungut, sehingga jadi kesatuan alunan musik etnik Dayak yang kental.

Alunan musik khas Dayak itu dibawakan apik sejumlah anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok musik. Mereka menjadi salah satu peserta pada gelaran lomba musik etnik yang dilaksanakan di panggung terbuka UPT Taman Budaya Kalteng, Jalan Temanggung Tilung XIII, Selasa (5/12/2022) malam lalu.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Taman Budaya Kalteng, Suraji mengatakan, gelar lomba musik tersebut sebagai upaya meningkatkan apresiasi dan inovasi seni kaum milenial untuk turut melestarikan seni budaya daerah.

“Kami mengajak para pimpinan sanggar seni kiranya terus mengajarkan keahliannya di bidang seni budaya. Termasuk musik etnik kepada para pelajar atau anak sejak dini,” ungkapnya, saat membuka gelar lomba musik etnik itu.

Dengan adanya lomba musik etnik ini lanjut Suraji, maka diharapkan generasi muda dapat menaruh perhatian dan ketertarikan pada pemanfaatan budaya daerah.

“Sejatinya lomba musim etnik ini bertujuan memberdayakan organisasi seni budaya untuk terus berkarya, berinovasi dan menjadi bengkel kreativitas,” tuturnya.

Ditambahkan Suraji, lomba musim etnik tersebut, menjadi salah satu cara pihaknya menggairahkan dan mengangkat nilai jual seni budaya pertunjukan dan pariwisata.

Adapun dalam pelaksanaan lomba musik etnik ini terdiri dari kategori pelajar kategori mahasiswa dan kategori umum. Tampak dalam lomba itu dihadiri DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Kalteng, DPC KSBN Kota Palangka Raya, Dewan Kesenian Kota Palangka Raya serta undangan lainnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

One comment

  1. sangat memotivasi sekali artikelnya terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*