INFO
Animo Besar Masyarakat Aksi Donor

Animo Besar Masyarakat Aksi Donor

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, RS Permata Hati melaksanakan aksi Donor Darah di jalan Beliang No.21 Palangka Raya, Kamis (15/8/2019).

Wakil Direktur Keuangan RS Permata Hati Yuanita menyampaikan, “Maksud dan tujuan Donor Darah ini adalah bentuk sosial dari rumah sakit untuk membantu pemerintah melalui PMI Kota Palangka Raya”. Kegiatan ini baru pertama kali kami lakukan, dan sejauh ini animo masyarakat sangat besar.

Jadi masyarakat yang mau berpartisipasi menyumbangkan darahnya dapat daftar dulu, nanti akan diperiksa tekanan darahnya, dan ditanya sedikit apakah minum obat sebelumnya, serta apakah ada riwayat penyakit sebelumnya.

Penanggung jawab Kegiatan Donor Darah, dr. Rosmalia Dianty menambahkan juga, “Kami sering memerlukan darah, misalnya ibu yang baru melahirkan dan selain kami banyak juga rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah”. Dengan kegiatan donor darah ini paling tidak dapat membantu.

Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga pendonor, salah satu fungsinya memberbaharui sel-sel darah merah, sirkulasi jantung lebih sehat ungkap dr. Rosmalia Dianty.

Diakhir wawancara Yuanita berharap, “Harapan terakhir dengan kegiatan ini Rumah Sakit Permata Hati ini dapat dikenal, selain itu beberapa bulan kedepan kegiatan ini dapat berjalan kembali”. (MC. Isen Mulang/ bambang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*