TERKINI

Antisipasi DBD, Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai Lakukan Pemeriksaan Jentik Nyamuk

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Disela tugas antisipasi pencegahan Covid-19, Kepala Puskesmas Kereng Bangkirai, Hellyana melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di PT. Sinar Niaga Sejahtera Jalan Mahir Mahar Km 5 Kota Palangka Raya, Selasa (28/4/2020).

Hasil kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk demam berdarah dan malaria, karena banyak didapatkan ban bekas mobil yang dijadikan pot tanaman. Dan ban bekas tersebut dikelilingi air yang tidak mengalir.

“Salah satu yang menarik bahwa sudah ada ditemukan jentik nyamuknya di ban bekas yang dijadikan pot tanaman” kata Hellyana.

Hellyana sudah bertemu dengan Jono (35) staff gudang dan menjelaskan penting 3M tersebut dan minta disampaikan ke pimpinan perusahaan agar menindak lanjuti temuan tersebut.

“Sehingga pemberantasan sarang nyamuk 3M (menguras, menutup, dan mengubur) Plus harus jadi perhatian semua masyarakat,” lanjutnya.

Genangan air di dalam ban bekas yang sekilas mungkin tampak kecil memang bisa jadi tempat ideal untuk nyamuk.

“Nanti saya cek kembali ke gudang perusahaan ini, apakah sudah ditanggapi hasil temuan kami ini”, ungkap Hellyana.

Itulah kenapa kebersihan lingkungan jadi faktor penting mencegah penyebaran penyakit akibat gigitan nyamuk. (MC. Isen Mulang/Bambang/yk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*