INFO
Antisipasi Demam Berdarah Saat Musim Hujan Tiba

Antisipasi Demam Berdarah Saat Musim Hujan Tiba

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Memasuki musim hujan di Kota Palangka Raya Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan masing-masing.

“Populasi nyamuk demam berdarah akan meningkat karena banyaknya tempat berinduk nyamuk aedes aegypti sehingga nyamuk tersebut mudah berkembang, dan sangat potensial menyerang anak dan remaja sehingga akhirnya terjangkit demam berdarah”kata Andjar Hari Purnomo ketika diwawancarai awak media di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kota Palangka Raya, Jumat (13/12/2019).

Menurut Kepala Dinas Kota Palangka Raya tersebut, sektor kesehatan sudah mempunyai protap, yakni hal utama yang dilakukan kepada masyarakat adalah penyuluhan.

“Intinya kita lakukan pencegahan penyakit demam berdarah dini dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat, tapi pencegahan paling efektif adalah pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara membersihkan tempat yang berpotensi bisa menampung air minimal sekali seminggu”, lanjut Andjar.

Lebih lanjut Andjar menyarankan untuk masyarakat agar menutup tempat/wadah yang bisa menampung air hujan, karena biasanya nyamuk penyebab demam berdarah sangat menyukai tempat/wadah air apalagi kalau hujannya selang seling misalnya hari ini banjir 2 atau 3 hari kemudian hujan keadaan seperti ini patut diwaspadai.

“Pemberantasan DBD adalah tugas kita bersama, kegiatan sederhana, seperti menguras bak mandi, menutup tampungan air, dan membersihkan sampah di pekarangan rumah serta melipat baju-baju yang digantung dan menjadi sarang nyamuk efektif untuk mengurangi penularan DB” tambahnya lagi.

Andjar juga menganjurkan kepada masyarakat apabila ada indikasi demam berdarah seperti demam selama 3 hari berturut-turut dan mual atau muntah segera dibawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat untuk diambil tindakan selanjutnya.(MC. Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*