INFO
Apresiasi Program Siswa Mengenal Nusantara

Apresiasi Program Siswa Mengenal Nusantara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Angkasa Pura II (Persero) dan  PT. Garuda Indonesia (Tbk) ditugaskan oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan kegiatan program BUMN Hadir untuk Negeri Siswa Mengenal Nusantara  (SMN) 2019, di Provinsi Kalimantan Tengah.

Implementasinya, sebanyak 23 pelajar berprestasi, termasuk 3 guru berprestasi terbaik di Kalimantan Tengah di berangkatkan ke Palembang, Sumatera Selatan, yakni sejak 13 – 23 Agustus 2019.

Kemudian sebaliknya 23 pelajar berprestasi, termasuk 3 guru berprestasi terbaik dari Sumatera Selatan, tiba di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, untuk menjalankan program SMN tersebut.

Intinya, program BUMN, yakni SMN adalah merupakan program untuk mengenalkan satu provinsi kepada pelajar di semua provinsi. Program yang digagas sejak tahun 2015 oleh Kementerian BUMN ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. Termasuk dari mantan Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang.

“Kita sangat mendukung program BUMN dalam mengenalkan nusantara kepada para pelajar. Seperti tahun ini pelajar Kalteng mengenal daerah Sumatera Selatan. Sebaliknya pelajar Sumatera Selatan ingin mengenal Kalteng,” ungkap Teras, saat menjadi narasumber bagi peserta SMN dari Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (15/8/2019), di Swissbel Hotel, Palangka Raya.

Menurutnya, program  SMN ini sangat baik untuk terus diterapkan, karena mampu untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

“Karena anak-anak kita akan mengenal sudut pandang budaya setiap daerah. Ini akan memperkuat wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Ini program bagus kita sangat mengapresiasi,” ujar Teras, yang pada tahun ini terpilih menjadi Anggota DPD – RI asal Kalteng.

Sebelumnya Executive General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Siswanto mengungkapkan, Kementerian BUMN melalui BUMN-BUMN yang ada, telah melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri” secara berkesinambungan sejak tahun 2015.

Program ini kembali dilaksanakan pada tahun 2019, sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*