INFO
ASN Diajak Sukseskan Pemilu 2019

ASN Diajak Sukseskan Pemilu 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra kembali mengingatkan ASN lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk menjaga sikap netralnya, menjelang pemilihan umum Presiden-Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada 17 April 2019 mendatang.

“Selain pentingnya menjaga netralitas dalam konteks politik, namun sebaliknya ASN turut serta mendukung sekaligus berkomitmen mewujudkan pemilu yang demokratis, bermartabat dan berkualitas,” ungkap Beta, Jum’at (8/3/2019).

Dikatakan, ASN harus mampu melaksanakan tugas pemerintahan dalam konsep pelaksanaan pemerintahan daerah, salah satunya mendorong agar pemilu dapat berjalan lancar.

Caranya, bisa mulai dari hal terkecil yaitu membantu mensosialisasi pemilu di lingkungan masyarakat dengan mendorong menggunakan hak pilih agar tercapainya partisipasi demokrasi  masyarakat.

Disisi lain,  kesuksesan pemilu ini, juga tidak lepas dari pelaksanaan sosialisasi secara masif yang tidak hanya dibebankan kepada pihak penyelenggara pemilu, namun seluruh elemen masyarakat termasuk aparatur sipil negara.

“Pasti banyak masyarakat yang masih kesulitan dalam memahami tata cara pencoblosan. Nah, disini lah peran pemerintah daerah melalui aparatnya membantu mensosialisasikan pemilu. Ini penting guna meningkatkan partisipasnya,” cetus Beta.

Menurutnya, partisipasi masyarakat harus terjamin, dalam menjaga legitimasi dari hasil pemilu itu sendiri. Terpenting lagi imasyarakat jangan sampai terjebak terhadap potensi-potensi negatif dalam demokrasi.

“Jangan terjebak potensi negatif, seperti politik uang, kampanye yang memuat ujaran kebencian, politisasi SARA, fitnah dan hoaks. Semua ini mesti diingatkan kepada masyarakat,” pungkas Beta. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*