INFO
ASN Harus Memahami  Hak dan Kewajiban Saat Jalani Purna Tugas

ASN Harus Memahami Hak dan Kewajiban Saat Jalani Purna Tugas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN), maka Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya  bersama  PT. Taspen (Persero) dan PT Mandiri Taspen menggelar sosialisasi ketaspenan, pemberkasan dan enrollment, Senin (28/1/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Asrama Haji Jalan G Obos Palangka Raya tersebut dibuka Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah dengan dihadiri jajaran umum dan kepegawaian  pada setiap perangkat daerah (PD) lingkup Pemko Palangka Raya.

Dalam arahannya Umi mengatakan pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tersebut, dimana dimaksudkan agar ASN  maupun ASN calon pensiunan atau ASN yang memasuki purna tugas dapat memahami hak dan kewajibannya.

“PP. Nomor 70 Tahun 2015 tentang jaminan bagi pensiunan merupakan  program Taspen dan berguna bagi kesejahteraan dan penguatan perlindungan kepada ASN saat purna tugas,” jelasnya.

Dalam bagian lain tambah Umi, masa purna tugas merupakan hak bagi ASN yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil.

Sebab itu bagi ASN yang telah memasuki batas usia pensiun (BUP), pensiun atas permintaan sendiri (APS) atau pensiun janda/duda PNS, juga dapat mengajukan permohonan pensiun tersebut kepada Walikota Palangka Raya melalui BKPP Kota Palangka Raya, selambat- lambatnya enam bulan sebelum memasuki usia pensiun,” jelasnya.

“Terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada para ASN yang telah bekerja dan mengabdi kepada Pemerintah Kota Palangka Raya hingga menjelang masa purna tugas ini,” tuturya lagi.

Adapun dalam kegiatan sosialisasi itu wakil walikota juga menyerahkan secara simbolis buku tabungan pensiun (Taspen) kepada salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya yang akan memasuki masa purna tugas pada bulan Febuari 2019 mendatang. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*