INFO

ASN Pemko Palangka Raya Jadi Peternak Sapi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Jiwa wirausaha Dennie H Sangen ini patut ditiru. Menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) tidak membuatnya berpangku tangan.

Dia justru mencari kesibukan lain di luar jam dinasnya. Menariknya, usaha sampingan yang digelutinya tidak seperti yang digeluti para ASN pada umumnya, misalnya membuka toko dan lainnya.

Tapi Dennie lebih memilih beternak sapi layaknya petani di desa. Alhasil, ternak sapi yang digelutinya sudah beberapa tahun ini sudah beranak pinak.

Saat ini totalnya mencapai 39 ekor. Dari jumlah ini 23 ekor sapi sudah siap jual, sedangkan sisanya 12 ekor masih anakan, dan 4 ekor indukan sedang hamil.

Bagi Dennie yang saat ini menjabat Kabag Keuangan Setda Kota Palangka Raya ini, menekuni usaha ternak sapi sangat menguntungkan, karena resikonya sangat kecil.

“Rumput tidak beli. Sapi dilepasliarkan sudah bisa cari makan. Beda kalau kita pelihara ayam, selain harus membeli pakan, resiko mati juga cukup besar,” tuturnya, Selasa (13/3/2018).

Dennie menuturkan sapi sebanyak itu saat ini dipelihara di wilayah Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau. Sapi-sapi itu dipelihara oleh dua orang yang dia upah.

“Di sana saya punya tanah luas. Kalau musim hujan, sapi-sapi itu dikandangkan dan kita carikan rumput, tapi kalau musim kemarau, sapi-sapi itu dilepasliarkan,” imbuhnya.

Dia menambahkan keuntungan berternak sapi tidak repot untuk menjualnya. Bahkan kalau menjelang Hari Raya Idul Adha sudah ada pembeli yang memesannya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*