TERKINI
Babinsa Imbau Para Nelayan Jaga Lingkungan Perairan Agar Tetap Lestari dan Berkelanjutan

Babinsa Imbau Para Nelayan Jaga Lingkungan Perairan Agar Tetap Lestari dan Berkelanjutan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sertu Dahniar Babinsa Koramil 1016-02/Bukit Batu bersama Kelurahan Tumbang Tahai dan Dinas Perikanan setempat menyambangi para kelompok nelayan bertempat di jalan nelayan RT 01, RW 01 Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

Kegiatan tersebut dalam rangka sosialisasi kepada kelompok nelayan simpey karuhei, kelompok nelayan batuah lestari dan kelompok nelayan seluang manasa yang berada diwilayah kelurahan Tumbang Tahai.

Diketahui, Kelurahan Tumbang Tahai sebagai tempat domisili pelaku utama perikanan, secara geografis berada di pinggir sungai Rungan, dimana penangkapan ikan di perairan umum masih berpotensi menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian masyarakatnya.

Dalam rilisnya melalui Penerangan Kodim, Selasa (8/2/2022), Babinsa Sertu Dahniar mengatakan, penyuluhan yang dilakukan bersama dinas perikanan untuk mengedukasi nelayan-nelayan mengenai aktivitas penangkapan yang tidak ramah lingkungan, contohnya penggunaan alat tangkap dengan ukuran mata jaring yang kecil dan penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti racun ikan dan setrum listrik.

“Tujuan dalam penyuluhan ini diantaranya untuk meningkatkan kemampuan manajemen usaha dan kelompok nelayan secara mandiri, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbagi informasi kepada masyarakat sekitar tentang cara penangkapan dan alat tangkap ramah lingkungan”, ucap Dahniar.

Diharapkan para kelompok nelayan turut serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan perairan sebagai tempat aktivitas penangkapan ikan serta mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan positif seperti penyuluhan dan pelatihan teknis.

“Dengan adanya sosialisasi atau penyuluhan ini bisa terciptanya keberdayaan dan kemandirian kelompok dalam mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi dengan mencintai dan menjaga lingkungan perairan agar tetap lestari dan berkelanjutan”. tutup Sertu Dahniar. (MC. Isen Mulang/Pendim 1016-Plk/jld/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*