INFO

Badan Litbang Lakukan Kajian Empat Bidang Pariwisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya sedang melakukan kajian terhadap enam bidang kegiatan. Dari enam kajian ini empat di antaranya tentang pariwisata.

Sedangkan dua kajian lainnya tentang analisa dampak lingkungan sosial. Kepala Badan Litbang Kota Palangka Raya, Barit Rayanto mengatakan khusus empat kajian bidang pariwisata ditangani Lembaga Pengkajian Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Sedangkan dua kajian tentang analisis dampak lingkungan sosial dikerjakan oleh tim dari Universitas Palangka Raya. Ke-6 kajian ini ditarget tuntas pada 2017 karena hasilnya akan ditindaklanjuti di 2018.

Barit menjelaskan salah satu kajian bidang pariwisata yang sedang diteliti yakni mengenai potensi profil suatu wilayah apakah ke depannya layak dikembangkan untuk dijadikan sebagai kawasan pariwisata terpadu.

Secara umum semua wilayah Kota Palangka Raya sedang dikaji, namun dari empat kajian itu salah satu wilayah yang sedang fokus dilakukan penilitian adalah wilayah Flamboyan. Konsepnya di sini nanti bakal dijadikan water front city.

Dia menjelaskan alasan Badan Litbang Palangka Raya melakukan kajian ini dalam rangka menindaklanjuti visi misi kepala daerah. Selain itu sebagai kebijakan kreatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Alasan lainnya karena ke depan sumber-sumber ekonomi yang berasal dari sumber daya alam akan habis. Maka dari itu mulai sekarang pemerintah kota harus kreatif menciptakan peluang pendapatan dari sektor jasa,
hal ini sesuai dg visi kota palangka raya terwujudnya kota palangka raya sebagai kota pendidikan, jasa dan pariwisat yg berwawasan lingkungan berdasarkan falsafah budaya betang. Jadi tidak ada istilah terlambat untuk memulai dari sekarang dalam rangka menggali potensi pendapatan dari sektor jasa. (MC. Isen Mulang)

One comment

  1. terima kasih telah memberikan berita yang sangat menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*