TERKINI
Baiknya Peserta Didik Belajar di Rumah Saja

Baiknya Peserta Didik Belajar di Rumah Saja

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengatakan, masyarakat diminta untuk siap mengikuti tatanan pola hidup baru atau new normal, meskipun di tengah belum meredanya virus korona atau Covid-19.

New normal kata dia adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal seperti biasanya namun tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

“Skema new normal ini harus di lakukan secara matang. Terlebih pada bidang pendidikan yang nota bene berkaitan dengan kemampuan peserta didik, apakah bisa beradaptasi dengan tatanan hidup baru pada masa pandemi Covid-19,” ungkap Sigit, Selasa (16/6/2020).

Harus disadari lanjut Sigit, anak-anak masuk dalam golongan rentan tertular Covid-19. Sehingga ketika dipaksanakan menjalankan new normal dengan masuk ke sekolah, malah menimbullkan benyaknya kasus penularan virus ini.

“Bicara interaksi sosial di sekolah, maka para guru tidak dapat memantau semua peserta didik untuk mematuhi protokol kesehatan. Nah, inilah dinamika bidang pendidikan,” tuturnya.

Belum lagi tambah Sigit, pola pikir anak didik kerap tidak menentu, sehingga lalai dalam menjalankan protokol kesehatan. Sekolah dianggap anak didik sebagai dunia bermain dan pertemanan, sehingga kontak fisik antar anak tidak terelakkan.

“Saya pikir new normal ini bagi peserta didik belum bisa diterapkan. Sebaiknya mereka tetap belajar dari rumah saja, mengingat situasinya memang belum memungkinkan,” cetus Sigit.

Diungkapkan, kalaupun ada hambatan-hambatan pada proses belajar yang diterapkan secara daring seperti fasilitas teknologi, jaringan internet, kesiapan guru, dan lainnya, maka pemerintah diharapkan dapat mencarikan solusi yang tepat. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*